Peranan Pekerja Sosisal dalam Dunia Pendididkan

EDUKATOR
Edukator adalah peran pekerja social dalam memberikan informasi, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keterlibatan masyarakat serta peningkatan kemampuan mereka dalam pendidikan.
Penyadaran masyarakat adalah proses pendidikan untuk membangkitkan kesadaran baru atau kemampuan pada masyarakat untuk mengenali keadaan secara kritis, baik yang berkenaan dengan dirinya maupun lingkungannya, serta mengembangkan cara berfikir dan bertindak sehingga mereka memiliki kebebasan yang bertanggungjawab dalam memajukan diri, masyarakat dan lingkungannya.
Penyadaran masyarakat dalam pengembangan masyarakat menunjukan serangkaian upaya memperikan pengertian kepada masyarakat tentang keadaannya termasuk masalah atau kebutuhan yang belum terpenuhi dan potensi atau sumber yang ada, sehingga mampu mengapresiasi keadaaan tersebut dengan pemikiran yang rasional untuk memahami tindakan yang perlu/harus dilakukan, mengapa perlu dilakukan dan manfaat apa yang diharapkan dari tindakan tersebut.
Penyadaran masyarakat dalam kegiatan pengembangan masyarakat mengandung beberapa dimensi sebagai berikut :
1) Penyadaran warga terhadap situasi masyarakat atau yang dialami oleh kelompok populasi tertentu maupun organisasi organisasi yang dianggap perlu dirubah, dikembangkan belum optimal atau belum sesuai memenuhi harapan atau kebutuhan atau dianggap bermasalah, dan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi situasi tersebut.
2) Penyadaran warga terhadap kebutuhan kegiatan koletif untuk melakukan perubahan pada situasi tertentu yang dapat memecahkan masalah atau mengembangkan organisasi sosial maupun komunitas atau masyarakat pada umumnya.
3) Penyadaran terhadap akibat perubahan pada berbagai segi kehidupan masyarakat, serta manfaat yang dapat diperoleh dari perubahan tersebut.
4) Penyadaran warga terhadap keadaan dirinya dan potensi pengembangan diri serta potensi kontribusi dirinya terhadap orang lain, organisasi dan masyarakat pada umumnya.
5) Penyadaran warga terhadap kesediaan sumber dilingkungannya yang dapat didayagunakan untuk melakukan perubahan dalam memajukan masyarakat.
KONSELOR
Konselor adalah peran pekerja sosial dalam memberikan kesempatan kepada individu, kelompok, masyarakat untuk mengungkapkan masalah yang dirasakannya membantu mereka menentukan alternative pemecahannya dan menemukan sumber-sumber yang dapat digunkanakn dalam pemecahan masalah tersebut khususnya dalam bidang pendidikan.
BROKER
Peran pekerja sosial dalam menghubungkan individu, kelompok, masyarakat dengan berbagai sumber yang ada dalam masyarakat bagi pemecahan masalah pendidikan.
ADVOKAT
Membantu individu, kelompok, masyarakat dalam memperoleh haknya, naik berupa sumber daya pelayanan atau aktif dalam mendukung perubahan kegiatan atau program pendidikan.
FASILITATOR
Fasilitator adalah peranan yang berkaitan dengan upaya dalam menstimulasi dan mendukung upaya-upaya masyarakat sehingga mempermudah kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam bidang pendidikan.
MEDIATOR
Mediator adalah peranan dalam membantu maslaah yang berhubungan dengan perselisihan dalam bidang pendidikan untuk membantu mereka mencapai kompromi, rekonsiliasi atau mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.
ENABLER
Peranan yang berkaitan dengan upaya dalam memberikan kemungkinan-kemungkinan klien menggunakan potensi dan kemampuan yang dimilikinya untuk mengatasi masalah pendidikan yang dihadapi.

http://blogs.teguh.web.id/result/social-work-in-the-field-of-education

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment