Istilah - istilah IT

Di dalam dunia IT dikenal juga berbagai macam istilah. Di sini saya akan mencoba menjelaskan beberapa macam istilah yang mungkin tak asing bagi anda.

1. Gadget

Gadget adalah sebuah obyek tekhnologi kecil (seperti perangkat atau alat) yang memiliki fungsi tertentu, tetapi sering pemikiran sebagai baru. Gadget yang selalu dianggap lebih luar biasa adalah pengembangan dari teknologi objek yang telah ada. Gadget kadang juga disebut sebagai gizmos. Contoh gadget adalah : handphone, notebook, GPS, dll. Anda dapat mengunjungi situs www.gadget4style.blogspot.com untuk mengetahui berbagai macam contoh gadget beserta reviewnya.

2. AOL

AOL (America Online, http://www.aol.com ) adalah layanan online yang cukup populer yang menyediakan beragam informasi dan layanan.

3. Bandwidth

Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).

4. Chat

Chat (”ngobrol”) adalh aktivitas yang populer dilakukan oleh para pemakai internet untuk berkomunikasi secara waktu nyata (real time) menggunakan software tertentu, seperti Yahoo! Messenger dan MSN Messenger. Sekarang banyak Website perusahaan atau lembaga yang menyediakan fasilitas chat tanpa perlu mendownload dan menginstall software. Chat pada awalnya hanya menggunakan teks untuk berkomunikasi. Namun sekarang banyak software yang menawarkan fasilitas untuk membuat representasi grafik chatter yang disebut avatar.

5. Download

Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pusat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). kebalikan dari download adalah upload.

6. GSM

GSM (Global System for Mobile Communications) adalah standard yang digunakan untuk komunikasi seluler yang banyak digunakan di Asia dan Eropa. GSM pertama kali diperkenalkan pada 1991 dan sekarang layanan GSM tersedia di lebih 100 negara di dunia. GSM menggunakan narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan telepon secara simultan pada frekuensi radio yang sama.

7. GPRS

GPRS (General Packet Radio Service) adalah standard komunikasi nirkabel yang bekerja pada kecepatan 150 kilobit per detik. Sistem GSM (Global System for Mobile Communications)hanya mampu mengirimkan data sampai 9,6 kilobit per detik. GPRS yang mendukung berbagai bandwidth ini, adalah cara yang efisien untuk memanfaatkan bandwidth yang terbatas, khususnya untuk mengirim dan menerima data yang banyak, seperti e-mail dan sewaktu melakukan browsing Web.

8. FYI

FYI adalah singkatan dari “for your information”. Singkatan ini biasanya digunakan pada e-mail atau sewaktu chat untuk mempercepat pengetikan.

9. E-mail

E-mail (electronic mail) adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, sekarang dengan e-mail dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.

10. IP Address

Alamat IP (IP address atau Internet Protocol Address) adalah rangkaian angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer di Internet. Rangkaian angka tersebut terdiri dari beberapa angka yang dipisah dengan titik, seperti 202.032.123.113


http://blog.i-tech.ac.id/pakar_informatika/2009/07/17/istilah-istilah-it/

Share this post!

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment